Jenang Singkong “Sinyong”, produk unggulan khas dari Piasa Kulon.

0
424

Sinyong mungkin anda bertanya tanya apa itu.Sinyong merupakan sebuah singkatan dari Singkonge inyong.Ya,sinyong adalah merk dagang produk jenang organik dari desa Piasa Kulon yang berbahan baku utama dari singkong.Unik karena biasanya jenang terbuat dari tepung beras.

Sinyong ini merupakan produk buatan dari kelompok usaha jenang singkong “jlegabid” yang di ketuai oleh Bapak Rudiman dan di bina langsung oleh Bapak Ratno Kepala Desa Piasa Kulon.

Pada awalnya Bapak Kepala Desa ingin memajukan potensi potensi yang ada di Desa Piasa Kulon,diantaranya singkong.Karena banyak sekali petani singkong di desa ini,sementara harga jual singkong kurang kompetitif.Sehingga Bapak Kades ingin menaikan nilai keekonomian tanaman singkong.Tercetuslah produk olahan berbahan singkong yang masih jarang ada.yaitu jenang singkong.

Tim Pengabdian desa dari UNSOED mengadakan pelatihan pengemasan.

Ketika Desa Piasa Kulon di kunjungi Tim Pengabdian Desa dari UNSOED,Bapak Kades beserta kelompok jenang singkong kemudian mempresentasikan potensi yang ada,Tim dari UNSOED tertarik dengan potensi jenang singkong tersebut.Wujud dari ketertarikannya adalah dengan memberikan modal awal berupa mesin parud,jadi,pengepres serta modal usaha.

Proses pengupasan singkong.

Proses pembuatannya yang pertama menyiapkan peralatan seperti mesin parud,jadi ,pengepres,alat pengaduk serta arang.

Proses pencucian singkong.

Kemudian proses berikutnya mulai dari pengupasan singkong,di cuci ,di belah dan di pisahkan dari seratnya.kemudian di parud,di press.Setelah kadar airnya berkurang kemudian di tumbuk dan di ayak untuk mendapatkan tepung singkong.

Tepung singkong setelah di ayak.
Proses pengadonan.

Kemudian Kupas kelapa,dicuci ,di parud ,di peras untuk di ambil santanya.santanya sebagian di campur dengan tepung singkong tadi untuk membuat adonan.Dan sebagian di gunakan untuk memasak bumbu(jahe,bawang merah,garam dan daun salam).Ketika sudah mendidih barulah dimasukan adonan tadi di aduk aduk sampai matang ,kemudian di campurkan gula merah,diaduk kembali sampai benar benar tercampur secara sempurna dan benar benar matang.Proses pembuatannya/memasaknya sekitar 8 jam.dan semau menggunakan bahan organik.

Pemasakan bumbu rempah.

Biasanya kelompok jenang singkong mendapat pesanan dari hajatan warga,instansi desa dan juga sering mengikuti pameran pameran.

Jenah sudah hampir matang.
Cara Pengemasan dapat disesuaikan dengan permintaan.

Penasaran dengan Sinyong datang saja ke Desa Piasa Kulon.Kualitas terjamin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar Anda
Silahkan isi nama Anda disini